Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN dengan Metode CAT

Bandung, Humas Kanreg III BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali di percaya untuk ke-4 kalinya memfasilitasi seleksi Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang akan di laksanakan mulai Senin (9/5) sampai dengan (14/5) 2016, serentak di beberapa Kantor Regional BKN.

Menghadapi tes tersebut, Kepala BKN‎ Bima Haria Wibisana menegaskan, pihaknya sudah meminta seluruh pegawainya yang bertugas mengawal seleksi calon praja IPDN dan calon taruna Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) untuk menjaga integritas pelaksanaan tes CAT.

"Pelaksanaan sistem CAT ini mempertaruhkan nama bangsa dalam rekrutmen aparatur sipil negara.‎ Karena itu pegawai BKN yang bertugas harus berintegritas tinggi agar hasil rekrutmennya fair dan transparan," kata Bima, Minggu (8/5).

Dia menambahkan, IPDN dan STMKG  menggunakan CAT BKN‎ bukan kali pertama. Itu sebabnya, pegawai BKN harus meningkatkan integritas.

"Jaga kepercayaan masyarakat yang telah mengasumsikan CAT BKN sebagai sistem rekrutmen yang menjamin transparansi dan keadilan bagi semua pihak," ujarnya.

Menurut  Kepala Kantor Regional III BKN, Istati Atidah  tes calon Praja IPDN di CAT Kanreg III BKN diikuti oleh 2.376 peserta yang di bagi menjadi beberapa sesi, masing-masing sesi terdiri dari 95 peserta hal ini di ungkapkan saat membuka Tes Calon Praja IPDN, kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat Administrator di lingkungan Kanreg III BKN, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN.

Dalam Sambutannya Istati mengatakan tes ini di laksanakan untuk mendapatakan calon praja terbaik, sangat objektif dan transfaran, nilai tes saat ujian berlangsung dapat dilihat secara real-time pada layar monitor yang disediakan untuk pengantar maupun orang tua peserta, lolos tidaknya peserta tes tergantung dari usaha peserta itu sendiri, beliau juga berpesan agar peserta tidak percaya kepada oknum yang mangatakan bisa meloloskan peserta.

Kepala Seksi Pemanfaatan Teknologi Informasi Kanreg III BKN, Rianty Noviasari saat memberikan arahan teknis tes CAT BKN, Materi tes terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) akan ditempuh dalam waktu 90 menit dengan nilai tertinggi 500 point.

Hari pertama tes (9/5) peserta yang hadir berjumlah 322 orang dan tidak hadir berjumlah 58 orang, nilai tertinggi 384 point dan terendah 131 point.ef

Berita Terkait